10+ Cara Mencintai Diri Sendiri yang Wajib di Kuasai

cara mencintai diri sendiriMencintai diri sendiri adalah cara yang paling tepat agar kita bisa percaya diri dan juga efeknya bagus untuk masa depan. Sebelum kita mencintai orang lain, kita wajib mencintai diri sendiri karena bagaimanapun juga mencintai diri sendiri adalah hal yang wajib dimiliki setiap orang didunia ini pria maupun wanita.

1 Jangan Membandingkan Dengan Orang Lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang lebih sempurna memang perlu tapi jangan dilakukan setiap saat. Gunakan pembandingan sesekali saja dan selebihnya lupakan dan sibukan dengan aktifitas yang kita sukai. setiap manusia akan ada jalannya masing-masing jadi kita tak perlu khawatir berlebih tentang hal ini.

2. Yakin Dengan Kemampuan Sendiri

Ketika kita yakin dengan kemampuan diri kita sendiri maka jiwa positif akan terpancar secara otomatis didalam diri kita. Saya sendiri sering berbicara dengan diri saya sendiri “To, kamu itu orang hebat loh, orang terhormat, berpendidikan, dll” disesuaikan dengan apa kelebihan yang kita punya. Jangan lupa untuk terus mempelajari sesuatu ya, jangan nyaman dengan keadaan yang sekarang.

3. Penuhi Kebutuhan Diri Sendiri

Kebutuhan seseorang manusia itu berbeda beda, jadi silahkan disesuaikan saja. Bedanya orang pelit dan hemat adalah terletak pada kebijakan. Jika orang hemat, biaya yang seharusnya dikeluarkan akan tetap dikeluarkan. Jika orang yang pelit, mereka enggan mengeluarkan biaya yang harusnya dikeluarkan kecuali hal itu dipaksa.

Orang yang kikir biasanya akan banyak dijauhi oleh orang sekitar karena biasanya hanya banyak merugikan karena tak bisa menyesuaikan. Jadi, jangan pelit dengan diri sendiri.

4. Kendalikan Diri Penuh

Disini kita akan belajar yang namanya kesabaran, mengatur keseimbangan, mencerna apa pembicaraan orang, dll. Orang yang sudah mampu mengendalikan dirinya secara penuh tak gampang di “giring” oleh orang lain kecuali jika hal tersebut memang suatu hal yang masuk dalam kategori penting dan berguna untuk dirinya maupun orang lain.

5 Memaafkankan Kesalahan Diri

Semua manusia adalah tempatnya salah namun yang membedakan kita dengan orang lain adalah mereka segera memaafkan dan memperbaiki kesalahan tersebut. Fokuslah pada solusinya bukan pada masalahnya.

6. Hormati Diri Sendiri

cara mencintai diri sendiriJika kita ingin dihormati orang lain maka hormatilah diri sendiri. Cara menghormati diri sendiri salah satunya adalah tidak mengumbar aib sendiri didepan publik. Jika tuhan saja menutupi aibmu lalu mengapa kita masih saja mengumbarnya?

Terkadang ada orang yang bangga jika menceritakan aib sendiri. Hal ini justru tidak benar karena aib termasuk kekurangan kita dan hal tersebut akan dinilai oleh orang lain dan efeknya adalah orang lain akan memandang rendah diri kita.

Masalah aib sendiri sebenarnya tak masalah jika hendak diceritakan kepada orang lain tapi dengan syarat tak merugikan diri sendiri dan ada pelajaran yang bisa dipetik dari aib tesebut kepada lawan bicara kita. Usahakan jika memang hendak menceritakan kekurangan kita yang sensitif maka carilah orang yang bisa dipercaya.

7. Perbaiki Diri Sendiri

Memperbaiki diri sendiri sangat banyak jenisnya seperti memperbaiki tingkah laku, bahasa, agama, dll. Jika memang kita mencintai diri sendiri, jangan pernah memanjakan diri dengan bermalas-malasan karena hal tersebut efeknya akan buruk di masa yang akan datang.

8. Berikan Hadiah

Ketika kita mampu menggapai suatu keberhasilan, berikan hadiah kepada diri sendiri seperti misalnya menonton, jalan-jalan, atau hanya sekedar nongkrong dengan teman dekat. Bisa juga membeli barang yang kita sukai agar lebih semangat lagi menggapai keberhasilan lainnya.

9. Jangan Besarkan Masalah Kecil

Jangan terlalu mempermasalahkan hal yang sepele karena didepan sana masih ada banyak hal yang lebih penting yang harus di selesaikan. Jika ada yang bilang masalah sepele tak diselesaikan maka akan menjadi besar maka hal tersebut juga bisa benar. Jadi, kita harus teliti dalam melihat masalah, apakah masalah tersebut kedepannya akan menimbulkan masalah besar atau tidak, jika iya maka segera carikan solusinya agar tak membesar.

10. Berdoa dan beribadah

Kita adalah makhluk yang beragama, maka dari dari itu sebisa mungkin kita menunaikan ibadah dan berdoa sesuai dengan agama yang di anut masing-masing. Jika kita islam, maka hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan sholat lima waktu agar diberi ketenangan jiwa dan pikiran kita.

Jika kita belum terbiasa, maka bisa dilakukan sholat secara pelan-pelan misalnya hari ini magrib dan isya, besok ditambahkan 1 waktu lagi dzuhur misalnya, dan seterusnya. Anggap saja untuk latihan agar kita terbiasa.

Kesimpulan

Saya sendiri berpendapat bahwa jika kita menginginkan sesuatu dari orang lain maka yang harus kita lakukan adalah dengan melakukan terlebih dahulu apa yang kita inginkan tersebut. Contohnya adalah jika kita ingin dihormati, maka kita wajib menghormati diri sendiri terlebih dahulu baru hormati orang lain.

Jika kita ingin dihargai maka kita harus terlebih dahulu menghargai diri sendiri barulah menghargai orang lain. Bagaimana mungkin orang lain akan menghargai kita jika kita sendiri tak menghargai diri sendiri. Cukup paham ya? jadi intinya adalah mulailah dari diri sendiri.

You’re Awesome, Cheers!